PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS III SD

Penulis

  • Kinanti Fariza Utami Universitas Sanata Dharma Yogyakarta
  • Luisa Diana Handoyo Universitas Sanata Dharma Yogyakarta
  • Ridwan Rahadiyanto SD Kanisius Kembaran

Kata Kunci:

keterampilan berpikir kritis, problem based learning, peserta didik SD

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan penerapan Problem Based Learning untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik kelas III SD Kanisius Kembaran. Jenis penilitian ini adalah Penilaian Tindakan Kelas dengan desain penelitian Kemmis dan Mc. Taggart. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas III yang berjumlah 19 peserta didik. Penelitian ini dilaksanakan pada semester II tahun ajaran 2022-2023 di SD Kanisius Kembaran. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi dan tes yang dilengkapi dengan dokumentasi. Observasi digunakan untuk mengumpulkan data terkait aktifitas guru dan peserta didik. Tes digunakan untuk mengukur keterampilan berpikir kritis peserta didik. Data dianalisis secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Dokumentasi digunakan untuk mengumpulkan data berupa dokumen dan foto kegiatan yang bermanfaat bagi penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan berpikir kritis dalam muatan pembelajaran Bahasa Indonesia pada peserta didik kelas III meningkat melalui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning. Pada siklus I menunjukkan sebanyak 63,15 % (12 peserta didik) mencapai KKM kemudian meningkat pada siklus II menjadi 94,73 % (18 peserta didik) telah memperoleh nilai akhir  ≥ 75. Peningkatan hasil ketercapaian indikator keberhasilan penelitian siklus II diperoleh melalui perbaikan dan penyempurnaan tindakan

Unduhan

Data unduhan tidak tersedia.

Referensi

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, S. (2013). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan Edisi 2. Jakarta: Bumi Aksara.

Arikunto, S. (2017). Penilitian Tindakan Kelas Edisi Revisi. Jakarta: Bumi Aksara.

Elaine, B. J. (2007). Contextual Teaching and Learning: Menjadikan Kegiatan Belajar-Mengajar Mengasyikkan dan Bermakna. Bandung: Kaifa.

Helmiati. (2016). Model Pembeajaran. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.

Herminanto Sofyan, d. (2017). Problem Based Learning dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) Press.

Irdayanti, L. S. (2018). Tingkat Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa di SMP N 1 Kedungwangwaru Melalui Pemberian Soal Open-Ended Matery Theorema Pythagoras Tahun AJaran 2017/2018. Tulungagung: Jurusan Tadris Matematika IAIN Tulungagung.

Kemdikbud. (2017). Pendidikan Karakter Dorong Tumbuhnya Kompetensi Siswa Abad 21. Retrieved from kemdikbud.go.id

Pamungkas, D. (2019). Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Pada Siswa Kelas IV Melalui Penerapan Model Problem Based Learning. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar.

Purnaningsih, W. (2019). Upaya Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Tematik Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning Kelas V SD. Jurnal Kajian Penelitan dan Pendidikan dan Pembelajaran .

Rafiyanti, Y. S. (2018). Profil Kemampuan Literasi Kuantitatif Calon Guru Matematika. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika, 64.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suryaningtyas, L. A. (2019). Penerapan Metode Group Investigation Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas IV.

Triyanto. (2010). Pengembangan Model Pembelajaran Tematik. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Yusita, N. K. (2021). Model Problem Based Learning Meningkatkan Hasil Belajar Tematik Muatan Peelajaran Bahasa Indonesia. Journal for Lesson and Learning Studies.

Unduhan

Diterbitkan

2023-09-29

Terbitan

Bagian

Artikel

Cara Mengutip

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS III SD. (2023). JUPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 1(2), 77-90. https://jurnal.sindotechmedia.com/index.php/page/article/view/18

Artikel Serupa

1-10 dari 16

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama